Selasa, 13 Maret 2012

Definisi Colour Guard

Di zaman dahulu, ketika jajahan Inggris pada masa perang saudara, ada pemain Bagpipes dan Drums. Pemain-pemain ini selalu mendampingi prajurit untuk menetapkan tempo marching dan untuk memberi semangat. Selain Band, mereka selalu menyuruh salah satu prajurit untuk membawa “warna-warna” untuk pasukannya. Dari situ berdiri guardsmen pertama. Setelah sekian waktunya, idenya dipakai oleh banyak orang hingga makin berkembang dan dalam waktu dekat setiap pasukan militer mempunyai pengawal untuk membawa Warnanya. Secara berlahan-lahan guard berkembang hingga menjadi seperti kita melihat di Marching Band Militer di Amerika Serikat. Pada suatu saat ada realisasi bahwa sudah cukup banyak musik untuk memuaskan telinga tapi kurang banyak untuk memuaskan mata, maka dari situ terdiri Color Guard Modern. Mulainya dari teriakan dasyat dari perang dan kebanggaan tentang warnanya dan berkembang hingga menjadi seperti penampilan “show stopping” yang mengiringi penampilan marching band dimana-mana. Mereka masih punya banyak manfaat, namun manfaat yang paling berguna adalah untuk menampilkan warnanya dengan bangga. Itulah Color Guard!

Color Guard Adalah

Dalam Color Guard bisa menghabiskan 15 s/d 20 jam per minggu dengan baris-berbaris pada lapangan berukuran 50 x 70 feet(kaki) (atau kurang lebih 16 x 23 meter) sambil memainkan rifle(spinning) dengan berat 3.5 pound atau bendera yang 5.5 feet. Itu menjadi waktu bebas anda untuk memperjuangkan kesempurnaan sambil mendengar instruksi “Itu salah! Perhatian lebih baik! Berusaha lebih keras lagi!” secara terus menerus. Saya membayangkan hal tersebut sama dengan naik bis yang dingin dan tidak nyaman berjam-jaman dan makan di restoran-restoran murahan sampai tidak tahan lagi. Kadang-kadang harus tampil dengan kaki dan tangan yang sakit, bahkan sakit hingga setiap otot dalam badan merasa nyeri. Itu berarti anda rela berusaha terus walaupun barusan mengalami kekalahan, air mata mengalir di pipi dan sedang membuat hati sedih.

Kemudian saat akan tampil bermain di malam minggu berikutnya. Para Juri, Para Pelatih, Color Guard lainnya dan 500 s/d 600 penonton menunggu penampilan anda. Selama 5 atau 6 menit, setiap ons kekuatan dan konsentrasi anda didekasikan untuk menjadikan keluarga, teman-teman, sekolah dan kota kita bangga pada unit anda. Waktu berjam-jaman latihan yang mengharuskan telah merupakan pengawal menuju momen ini. Ada harapan dalam hatimu yang mengatakan “Tolong, biarkan yang ini menjadi milik kita!”

Tetapi bermain Color Guard adalah sesuatu yang jauh lebih terasa dengan kerja keras dan kompetisi secara intensif. Dapat dirasakan rasa dekat diantara anak muda yang sulit dijelaskan. bagaimana melakukan yang terbaik dan mengetahui bahwa anda memiliki “fans” sendiri yang akan selalu memberi semangat dan dukungan, biarpun menang atau kalah.

Color Guard adalah Science:

Color Guard adalah tepat, spesifik dan mengharuskan eksekusi yang sempurna. Display dari seorang desainer berupa chart ; suatu graf yang menunjukkan X & Y sebagai koordinat untuk bentuk geometris yang berubah secara konstan dalam waktu dan spasi. Peralatan equipment CG kita selalu mendorong hukum fisika dengan kekuatan dan kecepatan, aksi dan reaksi. Semua ini dengan kontrol waktu yang luar biasa.

Color Guard adalah Matematika :

Color Guard adalah Pembagian (Subdivisi) waktu yang berdasarkan ritmik dan metrik dalam pecahan yang harus dilaksanakan secara instant. Kita punya serongan dan derajat.

Color Guard adalah sebuah Bahasa :

Color Guard adalah sebuah gambar visual yang hidup dengan pesan dan arti. Kita gunakan frase dengan interpretasi, kalimat dan banyak kata berulang kali dengan musik yang menciptakan sebuah bahasa yang paling lengkap dan universal, untuk direkam supaya orang lain dapat melihat, merasakan dan memahami. Ia adalah bahasa yang diucapkan dan dibagi berulang kali baik dekat ataupun jauh.
Color Guard adalah Sejarah :

Color Guard dapat dipengaruhi oleh lingkungan dan keadaannya ketika diciptakan, atau bisa cerminkan masa lampau maupun masa depan. Ia dapat mengirimkan kita ke Negara yang jauh atau membawa kita lebih dekat dengan rumah kita sendiri. Kita menjadi kaya dengan masa lalu dan memiliki nenek moyang sekaligus.

Color Guard adalah aktivitas Fisikal :

Color Guard membutuhkan kordinasi antara jari, tangan, lengan, kaki dan paha yang fantastis; termasuk pula kontrol yang hebat antara punggung, perut dan; semuanya yang dipanggil untuk memberi respons seketika pada suara yang didengar oleh telinga dan pandangan yang dilihat oleh mata. Color Guard membutuhkan stamina, ketrampilan, kekuatan dan keseimbangan.
Color Guard adalah Olah Raga :

Sebuah permainan bersama orang lain dimana kita membagi dan bersinar. Bersaing dengan diri sendiri untuk tampil lebih baik setiap kali.

Color Guard memberikan kita kesempatan untuk mengenali diri sendiri tentang kepercayaan diri dan rasa takut, keyakinan dan mencerminkan diri ; sambil kita menjadi lebih baik diluar dengan penampilan, bersama orang lain, mengekspresikan perasaan kita dan membagi impian kita. Ialah adalah kesempatan untuk menyadari bahwa sikap adalah factor yang menjadikan atau menghancurkan kita, bukan orang atau sesuatu hal yang lainnya. Ialah suatu cara berpikir dengan kesadaran yang lebih tinggi yang menantang kita untuk mencapai potensi yang berada didalam diri kita.
Color Guard adalah Seni Rupa :

Suatu penampilan yang dapat menghibur dan mengilhami! Dengan kesutradaraan, acting, produsing, manajing dan touring. Warna-warni, busana / fashion, keasyikan, semangat, kecanggihan dan kehalusan. Selalu mencapai triad (triad adalah 3 bagian inti yang tak terpisahkan) dari penampilan; audience, performer dan desainer.
Color Guard mendidik :

Memungkinkan seorang manusia untuk belajar bagaimana mengumpulkan semua aspek ini ; sebagian yang kering dan membosankan secara teknis, sebagian yang kesulitan dan menantang; dan gunakan aspek2 ini untuk menciptakan EMOSI! Suatu hal yang dunia ini sangat membutuhkan.

Jens (http://colorguardcorner.tripod.com/colorguard/id20.html)

diterjemahkan oleh Rene Conway

http://trendmarching.or.id/read/2005/11/catatan-color-guard-oleh-jens/

Tidak ada komentar:

Posting Komentar