Jumat, 09 Maret 2012

Perbedaan Drumband dan Marching Band

DrumBand, mungkin sudah tidak asing lagi ditelinga kalian. Sekumpulan orang memainkan alat musik dan berbaris membentuk parade. Yah, menurut orang awam itulah yang mereka tahu. Pokoknya ada sekumpulan orang, berbaris, berseragam, memainkan alat musik sambil berjalan, mereka menyebutnya drumband.

Sebenarnya, apa bedanya ?Dalam kegiatan ini dibagi menjadi 3 seksi

1. Brass ( alat tiup )

2. Percussion ( alat pukul )

3. Color Guard ( pengiring latar )

Nah, perbedaan kegiatan tersebut ada di :

DRUMBAND

Untuk Brass, mereka kurang lengkap dan cenderung sedikit. Biasanya tidak menggunakan brass ( alat tiup yang ditiup menggunakan logam ). Tapi biasanya menggunakan Pianika sebagai melody sehingga tidak terlalu terdengar bahkan masih ada yang menggunakan recorder.

Untuk Perkusi, biasanya satuan drumband ini di dominasi oleh snare drum ataupun bass drum, sehingga belum ada balance dalam suara perkusi yang biasanya mereka berperan sebagai dentuman musik yang disajikan.

Untuk penampilan biasanya cenderung ke arah Mars-mars dan parade dan tidak terlalu memperhatikan musikalitas.

MARCHINGBAND

Untuk MarchingBand itu sendiri mereka lebih berkembang daripada drumband

dalam segi brass, mereka suda menggunakan alat brass secara keseluruhan ( Trompet, Mellophone, dsb) dan biasanya sudah ada pengelompokan alat berdasarkan tinggi rendahnya suara peralatan ( High Brass, Middle Brass, dan Low Brass )

dalam segi perkusi, mereka sudah mengutamakan musikalitas dalam bermain. Mereka sudah mem-Balance suara antara suara yang High Tension hingga Low. Biasanya perkusi juga berperan melodik dalam satu pagelaran

dalam color guard, mereka lebih variatif dengan ditunjang beberapa properti tambahan.

untuk konsep pagelaran, Marching Band lebih mengutamakan musikalitas dan keseimbangan musik dan lebih mengarah ke entertaiment

Copyright By aribimaputra

Tidak ada komentar:

Posting Komentar